Berikut Adalah Posting Kultwit Sharing pengetahuan via timeline twitter Oleh Pengusaha Indonesia @EntrepreneursID pada tanggal 21 Oktober 2011 mengenai 35 BusinessPlan :
Tweeps, sebentar lagi kita mulai #35BusinessPlan nya. Yukk mention siapa yang sudah siap menyimak.
- Selalu mulai usahamu dengan keyakinan dan jangan lupa untuk libatkan Tuhan. Dia yang akan memberi kesuksesan #35BusinessPlan
- Tuliskan tujuan bisnismu ada, buat deskripsi simple tentang bisnismu, bergerak di bidang apa. #35BusinessPlan
- Pilih jenis bisnis yang akan di jalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dengan skill atau minat. #35BusinessPlan
- Tentukan merek yang akan di pakai. Merek ini merupakan representasi dari bisnismu. Merek akan menjadi aset penting #35BusinessPlan
- Pilih merek yang sesuai dengan karakter produk dan bisnismu, usahakan yang simple, menarik dan mudah diingat. #35BusinessPlan
- Next, buat analisa SWOT : penting untuk analisa lingkungan dan pesaing usaha. Dan STAPI : untuk fokus bisnismu #35BusinessPlan
- SWOT : Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dari luar). #35BusinessPlan.
- STRENGHT : analisa kekuatan kita – misalnya : harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis dll. #35BusinessPlan
- Strength ini harus ditonjolkan dalam materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita di banding pesaing #35BusinessPlan
- WEAKNESS : analisa kelemahan kita – misalnya, tidak punya lahan parkir, karyawan belum pengalaman dll. #35BusinessPlan.
- Weakness ini kita antisipasi dengan preparation yang lebih baik dan lakukan strategi untuk mengurangi kelemahan #35BusinessPlan
- OPPORTUNITY : kesempatan – misalnya, produk kita berpotensi untuk diekspor, jenis produk masih bisa berkembang. #35BusinessPlan.
- Jadikan opportunity ini sebagai langkah di saat mendatang untuk mengembangkan bisnis agar makin sukses. #35BusinessPlan.
- THREAT : Ancaman dari luar – misalnya, one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll. #35BusinessPlan.
- untuk threat ini, buatlah plan B sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar2 terjadi #35BusinessPlan.
- Selanjutnya buat analisa STAPI : Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya untuk fokus bisnismu. #35BusinessPlan
- SEGMENTING : menentukan market dengan cara di bagi segmen : Lokasi, age, social class – low, medium, hight. #35BusinessPlan.
- Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, hi. Diberikan produk yang berbeda juga. #35BusinessPlan.
- Segmenting ini untuk menentukan target market : sehingga strategi produk kita bisa sesuai dengan target market. #35BusinessPlan.
- TARGETING : Pemilihan market dari segmen-segmen yang sudah ditentukan. Sehingga strategi bisa fokus. #35BusinessPlan.
- Setelah Segmenting dan Targeting ditentukan, selanjutnya POSITIONING : Gambaran dari bisnis kita. #35BusinessPlan.
- Positioning ini contohnya : D’cost – seafood dengan harga terjangkau. Sehingga image ini tertanam di benak konsumen. #35BusinessPlan
- Selanjutnya persiapkan 7P : Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve. #35BusinessPlan.
- Konsep produk harus disiapkan dengan detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll. #35BusinessPlan.
- Tetapkan harga yang sesuai dengan analisa keuntungan. Sesuaikan harga dengan target market yang dituju. #35BusinessPlan.
- Strategi pricing : harus value for money untuk konsumen – harga sesuai dengan kualitas yang dtawarkan #35BusinessPlan
- Place : jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yang akan berkunjung. #35BusinessPlan.
- Promosi : persiapkan strategi promosi dengan baik – offline strategi (brosur, print adv, sales promo). #35BusinessPlan.
- Promosi yang lowcost tapi impactful – online strategi : social media – FB, twitter, blog, youtube #35BusinessPlan.
- People : persiapkan karyawan – training dengan baik, karena pelayanan dari karyawan sangat menentukan kepuasan konsumen #35BusinessPlan.
- Process : dalam bidang jasa misal resto harus dipesiapkan prosedur proses pembuatan makanan dari awal hingga akhir. #35BusinessPlan.
- Physical evidence : persiapkan semua peralatan, perlengkapan untuk usaha. Gunakan kualitas terbaik #35BusinessPlan.
- Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kapan BEP. #35BusinessPlan.
- Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching #35BusinessPlan.
- Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dipersiapkan dengan didampingi mentor atau yang sudah berpengalaman.
Mengenai Penulis :
Strategi Pengusaha @EntrepreneursID
Berbagi tips & strategi usaha – Marketing Strategy – Social Media Development – Business Strategy – Yuk Action, http://www.elcupdate.com