35 Langkah Menyusun Business Plan

Berikut Adalah Posting Kultwit Sharing pengetahuan via timeline twitter Oleh Pengusaha Indonesia @EntrepreneursID pada tanggal 21 Oktober 2011 mengenai 35 BusinessPlan :

Tweeps, sebentar lagi kita mulai #35BusinessPlan nya. Yukk mention siapa yang sudah siap menyimak.

  1. Selalu mulai usahamu dengan keyakinan dan jangan lupa untuk libatkan Tuhan. Dia yang akan memberi kesuksesan #35BusinessPlan
  2. Tuliskan tujuan bisnismu ada, buat deskripsi simple tentang bisnismu, bergerak di bidang apa. #35BusinessPlan
  3. Pilih jenis bisnis yang akan di jalankan. Barang atau jasa, usahakan sesuai dengan skill atau minat.  #35BusinessPlan
  4. Tentukan merek yang akan di pakai. Merek ini merupakan representasi dari bisnismu. Merek akan menjadi aset penting #35BusinessPlan
  5. Pilih merek yang sesuai dengan karakter produk dan bisnismu, usahakan yang simple, menarik dan mudah diingat. #35BusinessPlan
  6. Next, buat analisa SWOT : penting untuk analisa lingkungan dan pesaing usaha. Dan STAPI : untuk fokus bisnismu #35BusinessPlan
  7. SWOT : Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan), Threat (ancaman dari luar). #35BusinessPlan.
  8. STRENGHT : analisa kekuatan kita – misalnya : harga produk kita lebih murah, apakah tempat strategis dll. #35BusinessPlan
  9. Strength ini harus ditonjolkan dalam materi promosi. Ini bisa jadi kelebihan kita di banding pesaing #35BusinessPlan
  10. WEAKNESS : analisa kelemahan kita – misalnya, tidak punya lahan parkir, karyawan belum pengalaman dll. #35BusinessPlan.
  11. Weakness ini kita antisipasi dengan preparation yang lebih baik dan lakukan strategi untuk mengurangi kelemahan #35BusinessPlan
  12. OPPORTUNITY : kesempatan – misalnya, produk kita berpotensi untuk diekspor,  jenis produk masih bisa berkembang. #35BusinessPlan.
  13.  Jadikan opportunity ini sebagai langkah di saat mendatang untuk mengembangkan bisnis agar makin sukses. #35BusinessPlan.
  14. THREAT : Ancaman dari luar – misalnya, one day mungkin akan ada pesaing, supplier makin sedikit, cuaca dll. #35BusinessPlan.
  15. untuk threat ini, buatlah plan B sebagai antisipasi jikalau ancaman ini benar2 terjadi #35BusinessPlan.
  16. Selanjutnya buat analisa STAPI : Segmenting, Targeting & Positioning. Tujuannya untuk fokus bisnismu. #35BusinessPlan
  17. SEGMENTING : menentukan market dengan cara di bagi segmen : Lokasi, age, social class – low, medium, hight. #35BusinessPlan.
  18. Segmenting: misalnya penentuan market social class, low, medium, hi.  Diberikan produk yang berbeda juga. #35BusinessPlan.
  19. Segmenting ini untuk menentukan target market : sehingga strategi produk kita bisa sesuai dengan target market. #35BusinessPlan.
  20. TARGETING : Pemilihan market dari segmen-segmen yang sudah ditentukan. Sehingga strategi bisa fokus. #35BusinessPlan.
  21. Setelah Segmenting dan Targeting ditentukan, selanjutnya POSITIONING : Gambaran dari bisnis kita. #35BusinessPlan.
  22. Positioning ini contohnya : D’cost – seafood dengan harga terjangkau. Sehingga image ini tertanam di benak konsumen. #35BusinessPlan
  23. Selanjutnya persiapkan 7P : Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical evidenve. #35BusinessPlan.
  24. Konsep produk harus disiapkan dengan detail. Variannya, jenisnya, kemasannya dll.  #35BusinessPlan.
  25. Tetapkan harga yang sesuai dengan analisa keuntungan. Sesuaikan harga dengan target market yang dituju. #35BusinessPlan.
  26. Strategi pricing : harus value for money untuk konsumen – harga sesuai dengan kualitas yang dtawarkan #35BusinessPlan
  27. Place : jika baru mulai, usahakan cari lokasi strategis. Analisa potensi pelanggan yang akan berkunjung. #35BusinessPlan.
  28. Promosi : persiapkan strategi promosi dengan baik – offline strategi (brosur, print adv, sales promo). #35BusinessPlan.
  29. Promosi yang lowcost tapi impactful – online strategi : social media – FB, twitter, blog, youtube #35BusinessPlan.
  30. People : persiapkan karyawan – training dengan baik, karena pelayanan dari karyawan sangat menentukan kepuasan konsumen #35BusinessPlan.
  31. Process : dalam bidang  jasa misal resto harus dipesiapkan prosedur proses pembuatan makanan dari awal hingga akhir. #35BusinessPlan.
  32. Physical evidence : persiapkan semua peralatan, perlengkapan untuk usaha. Gunakan kualitas terbaik #35BusinessPlan.
  33. Selanjutnya lakukan prediksi analisa keuntungan. Buat target sales dan target kapan BEP. #35BusinessPlan.
  34. Tetapkan jadwal kapan setiap proses dipersiapkan. Tetapkan jadwal kapan launching #35BusinessPlan.
  35. Usahakan agar setiap proses #35BusinessPlan ini dipersiapkan dengan didampingi mentor atau yang sudah berpengalaman.

 

Mengenai Penulis :
Strategi Pengusaha @EntrepreneursID
Berbagi tips & strategi usaha – Marketing Strategy – Social Media Development – Business Strategy – Yuk Action, http://www.elcupdate.com

Leave a comment