Tips : Riset Pemasaran UKM

Kultwit adalah Kuliah Twitter, yaitu sederetan tweet yang beruntun dan membentuk satu kesatuan cerita dan biasanya membahas 1 topik tertentu,

berikut ini adalah rangkaian tips wirausaha yang dikirim ke twitter dengan hastag #RisetpemasaranUKM oleh @kelasmarketing

Sebelum membuat produk, sebaiknya kita harus melakukan Riset,5 menit lagi Markeyy akan sharing tentang #RisetpemasaranUKM

  1. Secara sederhana riset pemasaran adalah suatu proses mengumpulkan informasi secara sistematis #RisetpemasaranUKM
  2. Informasi ini, nantinya akan menghasilkan kumpulan info dan insight untuk membantu decision making #RisetpemasaranUKM
  3. Tujuan dari riset pemasaran: membantu pengambilan keputusan, product improvement dan mengurangi risiko #RisetpemasaranUKM
  4. Banyak tipe riset, tapi yang basic: primary vs secondary research dan quantitative vs qualitative research #RisetpemasaranUKM
  5. Riset sekunder: kita mengambil data yang sudah ada, misal perpus, internet: lebih murah, lebih cepat #RisetpemasaranUKM
  6. Namun kelemahan dari riset sekunder: tidak mudah mencari data, seringkali tidak up to date dan tidak relevan #RisetpemasaranUKM
  7. Untuk riset primer simplenya kita ambil data langsung ke target riset kita, konsumen atau responden #RisetpemasaranUKM
  8. Primary research ini kelebihannya lebih aktual, bisa customized, tapi lebih mahal dan takes time #RisetpemasaranUKM
  9. Kita coba bahas detail primary research untuk metodologi quantitative dan qualitative ya, ini lebih seru #RisetpemasaranUKM
  10. Contoh paling real dari quantitative adalah adanya kuesioner (bentuknya numbering) bersifat statistik #RisetpemasaranUKM
  11. Kalo qualitative: FGD, obisaervasi, interview. Untuk ukm ini lebih murah, tapi perlu discussion guidenya #RisetpemasaranUKM
  12. Agak panjang bahas one by one, saya akan bahas next time ya, saya akan coba lompat ke hal aplikatif #RisetpemasaranUKM
  13. Serunya riset itu: kita bisa tahu pergerakan pesaing, ini bisa memakai secondary, primary agak mahal untuk ukm #RisetpemasaranUKM
  14. Kita bisa track kepuasan konsumen, analisa penerimaan konsumen terhadap produk baru, bahkan produk pesaing #RisetpemasaranUKM
  15. Lalu aplikasi lainnya dari riset pemasaran, pebisnis bisa pakai untuk cek analisa efektivitas iklan kita #RisetpemasaranUKM
  16. Riset juga bisa dipakai ukm untuk pengembangan produk baru, misal saat mau launching buat product test #RisetpemasaranUKM
  17. Dari riset pemasaran kita bisa melihat source brand awareness kita, cek darimana konsumen tahu brand kita #RisetpemasaranUKM
  18. Misal untuk culinary, bisa memakai cek analisa kualitas layanan, evaluasi rasa makanan dg sistematis #RisetpemasaranUKM
  19. Prosesnya: tahu tujuan, tentukan metodologi, tentukan sampling, proses field, data process+result #RisetpemasaranUKM

Semoga bermanfaat sharing dari Markeyy tentang #RisetpemasaranUKM ^^

tentang penulis :
Belajar Marketing @kelasmarketing
Akun belajar marketing TERBESAR di Indonesia Rutin berbagi strategi: Senin – Jumat 18.30 Topik: Marketing Mix Digital Marketing Sales Brand STP Social Media

Leave a comment